TENTANG KAMI

KeAMaT singkatan dari Keluarga Alumni KeSEMaT. KeAMaT mewadahi dan menjalin silaturahmi antara AMaT dan afiliasinya, menyalurkan donasi dan memberikan karya terbaik untuk negeri. KeAMaT berdiri pada tanggal 16 Juni 2018 dengan diluncurkannya logo KeAMaT di website dan media sosialnya.

LATAR BELAKANG
Latar belakang dibentuknya KeAMaT adalah melihat perkembangan KeSEMaT yang sangat progresif, sebagai organisasi mahasiswa yang saat ini tidak lagi berada dibawah Jurusan Ilmu Kelautan lagi, melainkan sudah berada di tingkat Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro.

Sejak didirikan tanggal 9 Oktober 2001, KeSEMaT terus berprestasi dan membentuk afiliasinya. Dua prestasi tertinggi KeSEMaT adalah menjadi Organisasi Kepemudaan Terbaik di Indonesia dan ASEAN.

Tak hanya itu, KeSEMaT juga menginisiasi terbentuknya Komunitas KeMANGTEER (KeSEMaT Mangrove Volunteer), Yayasan IKAMaT (Inspirasi Keluarga KeSEMaT), Perusahaan KeMANGI (KeSEMaT Mangrove Indonesia) dan Komunitas KeAMaT, dengan beragam produk mangrove lainnya, seperti Mabak Jamat, Mas Bamat, Mangrove Map, Mangrover Unite, MANGROVEMAGZ, Mangrove Tag dan lain-lain.

Untuk itulah, para AMaT yang saat ini terus terhubung dengan pergerakan KeSEMaT, afiliasi dan produk-produknya, memandang perlu dibentuknya sebuah wadah jaringan AMaT, yaitu KeAMaT.

SEJARAH
Cikal bakal KeAMaT sudah ada sejak 6 November 2009, dimana pada saat KeSEMaTBIRTHDAY (KB) 2009: Peringatan Hari Ulang Tahun KeSEMaT ke-8, Pembimbing KeSEMaT, yaitu Dr. Rudhi Pribadi meresmikan IKAMaT dan KeMANGTEER.

IKAMaT yang pada saat itu singkatan dari Ikatan Alumni KeSEMaT, memiliki konsep mewadahi para AMaT, seperti konsep KeAMaT, saat ini. Namun, seiring dengan berjalanannya waktu, konsep IKAMaT berubah sebagai sebuah yayasan yang memiliki tiga bidang kegiatan utama, yaitu sosial, kemanusiaan dan penelitian.

IKAMaT resmi berdiri sebagai badan hukum sebagai sebuah Yayasan Inspirasi Keluarga KeSEMaT. Berdiri sesuai Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia dengan Nomor AHU-11052.50.10.2014 yang didaftarkan oleh Notaris Sular Utarinarum, SH berkedudukan di Kota Semarang sesuai Akta Nomor 10 Tanggal 19 November 2014 dengan nomor NPWP 72.781.423.8-504.000.

IKAMaT adalah yayasan yang bertujuan untuk menyelenggarakan kegiatan pemberdayaan, pembinaan, dan peningkatan kualitas hidup masyarakat pesisir dalam bidang sosial, kemanusiaan dan penelitian, menjalin kerjasama dengan berbagai instansi pemerintah dan non pemerintah yang bergerak dalam bidang pelestarian ekosistem mangrove dan pemberdayaan masyarakat pesisir.

MAKSUD DAN TUJUAN
1. Sebagai wadah menjalin silaturahmi antara AMaT dan afiliasi KeSEMaT.
2. Sebagai wadah peningkatan kehidupan dan kesejahteraan AMaT dan afiliasi KeSEMaT.
3. Sebagai wadah menyalurkan donasi dan beasiswa untuk afiliasi KeSEMaT, warga pesisir dan masyarakat umum.
4. Sebagai wadah memperkuat jaringan kerja AMaT dan afiliasi KeSEMaT.
5. Sebagai wadah berkarya AMAT yang memiliki beragam latar belakang profesi.
6. Sebagai wadah saling bertukar informasi dan kesempatan berkarir dalam lingkup yang lebih luas.

PROGRAM
KeAMaT memiliki program kerja internal dan eksternal yang keduanya saling berhubungan dalam rangka peningkatan kesejahteraan para AMaT, afiliasi KeSEMaT, warga pesisir dan masyarakat umum.

Program kerja internal dikhususkan sebagai sebuah ajang silaturahmi dan memperkuat jalinan persaudaraan AMaT dengan beragam program, seperti Gathering KeAMaT Regional, Pertemuan Tahunan KeAMaT, Donasi Sosial dan Kemanusiaan KeAMaT, Konseling Karir KeAMaT  dan lain sebagainya.

Program kerja eksternal KeAMaT memiliki tujuan utama sebagai sebuah solusi agar dapat membantu warga pesisir dan masyarakat umum dalam rangka peningkatan kehidupan dan memecahkan permasalahan yang ada, seperti program Bakti Sosial KeAMaT, Tanam Mangrove bersama KeAMaT, Beasiswa KeAMaT dan lain sebagainya.

PENGURUS
Sebagai sebuah komunitas alumni yang berada dibawah manajemen Direktur Internal KeAMaT, maka pengurus KeAMaT adalah direksi dan perwakilan angkatan KeSEMaT pertama hingga sekarang.

PENUTUP
Sesuai dengan visi dan misinya di atas, maka keberadaan KeAMAT di masa mendatang diharapkan dapat memberikan sumbangsih yang positif terutama bagi perkembangan KeSEMaT dan afiliasinya dan memberikan karya terbaiknya untuk negeri.